Often when you’re presenting you’ll be interrupted. It’s important to have a range of expressions to deal with these interruptions. Usually you can follow this structure:
1. Thank the interrupter.
2. Quickly answer the question or say that the answer will be given later in the presentation.
3. Refocus the audience on the presentation.
For example, you could say, "Thanks, could I cover that in a few minutes? Now, as I was just about to point out …"
Sometimes you want to make it clear that interruptions are not welcome. In this case, you might say, 'Do you mind if I finish the presentation first?' That could be seen as a little direct, so you need to consider your audience when using this type of expression. If you tell the audience that questions can be asked at the end, then hopefully there will be fewer interruptions to deal with. However, good intonation is important when dealing with interruptions. You need to sound polite, but you also need to show that you are in charge. Don’t forget to stress the keywords as well.
Dalam bahasa:
Saat melakukan presentasi, seringkali kita diinterupsi. Sangat penting untuk kita bisa mengatur ungkapan dalam menanggapi hal tersebut.
Berikut struktur yg biasa digunakan:
1. Berterimakasih kepada orang yg menginterupsi
2. Menjawab langsung pertanyaan atau memberitahukan bahwa jawaban akan diberikan nanti dalam presentasi
3. Memfokuskan audiens kembali kepada presentasi
Contohnya, seperti, 'Terimakasih, bisakah saya membahasnya setelah beberapa menit? Sekarang, seperti yang akan saya jelaskan...'
Terkadang kita ingin memperlihatkan dengan jelas bahwa interupsi tersebut kurang pantas. Bila demikian, kita mungkin berkata, 'Bolehkah saya menyelesaikan presentasi saya terlebih dahulu?' Mungkin ini terlihat sedikit terusterang, jadi kita harus tetap memikirkan audiens saat akan menggunakan ungkapan tersebut. Jika kita memberitahukan audiens bahwa jika ada pertanyaan bisa ditanyakan dibagian akhir, dengan pengharapan bahwa semakin sedikit interupsi yg akan ditangani. Akan tetapi, intonasi yang baik sangat penting dalam menangani interupsi. Kita harus sopan, tapi juga harus memperlihatkan bahwa kita yang memegang kendali. Jangan lupa untuk menekankan beberapa katakuncinya.
0 Coment